Minggu, 29 Januari 2017

Android Things OS Milik Google Untuk IoT

Android Things OS Milik Google Untuk IoT - pesatnya kemajuan IoT membuat para developer sistem operasi tingkat dunia berbondong-bondong merilis sistem operasi yang digunakan untuk perangkat IoT mereka. Salah satunya adalah Google yang baru saja merilis sistem operasi untuk perangkat IoT mereka yang diberi nama "Android Things". Android things merupakan sistem operasi milik Google setelah Android dan Android Wear.

Saat ini teknologi IoT banyak digunakan untuk membantu para penggunanya terhubung dengan berbagai macam perangkat elektronik mereka melalui koneksi internet, dengan menggunakan teknologi IoT ini anda bisa mengontrol perangkat elektronik yang anda miliki melalui ponsel anda sendiri. Inilah latar belakang Google merilis sistem operasi untuk IoT.

Android Things OS Milik Google Untuk IoT
Seperti yang dilansir oleh The Next Web dan dikutip oleh Berita teknologi terkini proses perancangan sistem operasi Android Things melalui tahapan menggunakan layanan dan fitur yang memang sudah dibuat sebelumnya yaitu Brillo sebuah sistem operasi IoT berbasis android. Dengan tujuan memudahkan para pihak developer dalam membuat perangkat smart home yang bisa terhubung dengan android, Google menggabungkan Brillo dengan beberapa layanan yang mereka miliki seperti aplikasi android studio, Android SDK, Google play Service sampai dengan layanan penyimpanan awan mereka yaitu Google Cloud Platform.

Tidak sampai disana saja Google juga membuat pendukung sistem operasi terbarunya tersebut yang bisa berjalan untuk Weave, yaitu sebuah platform teknologi komunikasi untuk IoT yang dapat membantu perangkat smart automation terhubung kelayanan milik Google dan bisa saling berbicara dengan perangkat lainnya yang sudah ada, termasuk juga Google assistant.

Banyak perusahaan teknologi yang sudah menggunakan platform weave besutan Google ini terhitung Philips Hue dan Samsung Smart things telah menggunakan platform pintar ini dan diperkirakan perusahaan-perusahaan komunikasi kelas atas juga akan menggunakan platform weave ini seperti Belkin, TP-Link, WeMo dan lainnya. Pihak Google juga menjelaskan jika platform sistem operasi miliknya juga memiliki dukungan terhadap perangkat IoT yang ada seperti Intel edison, NXP Pico, dan Raspberry Pi3, belum dikonfirmasi apakah perangkat keras milik Arduino juga masuk dalam list dukungan atau tidak.

Saat ini sistem operasi Android Things memasuki tahapan proses Developer Preview, bagi anda penggila IoT yang selalu ingin tahu anda bisa coba klik link https://developer.android.com/things/ untuk informasi dan pengetahuan lebih lanjut.


EmoticonEmoticon