Sabtu, 28 Januari 2017

Tips Mengambil Foto di Tempat Gelap dengan Smartphone

Tips Mengambil Foto di tempat Gelap Dengan Smartphone - Hasil foto yang bagus dan sempurna sebagian besar ditentukan oleh faktor pencahayaan yang digunakan saat mengambil foto tersebut. Keberhasilan seni fotografi juga dipengaruhi oleh kondisi cahaya yang digunakan saat proses pengambilan foto. Oleh karena itu cahaya merupakan faktor dominan dan faktor penting dalam dunia seni fotografi. Tetapi kondisi di lapangan tidak bisa diperkirakan dengan tepat, kadang cahaya yang dibutuhkan mencukupi dan disaat yang sama terkadang cahaya yang dibutuhkan tidak begitu memadai, apalagi perangkat yang digunakan smartphone biasa bukan kamera LSR yang mahal dan berkelas.

Dibutuhkan sedikit tips dan sentuhan dingin jika anda mengambil foto di tempat gelap dengan menggunakan smartphone, berikut ini blog Berita Teknologi Terkini akan berbagi tips menggunakan kamera smartphone di tempat yang gelap dan kurang cahaya, agar kualitas foto yang dihasilkan berkualitas dan memiliki nilai seni yang tinggi.

Tips Mengambil Foto di Tempat gelap dengan Smartphone

Tips Mengambil Foto Di tempat Gelap Dengan Smartphone

1. Posisi smartphone harus stabil
Usahakan saat anda mulai mengambil foto di tempat yang gelap dengan menggunakan smartphone terus menjaga stabilitas smartphone agar tidak bergoyang. Sebab sedikit bergoyang saja saat memotret ditempat yang minim cahaya akan menyebabkan hasil foto yang kurang bagus dan tidak jelas.

Oleh karena itu ada baiknya anda menggunakan stabilizer atau tripod saat mengambil foto ditempat gelap menggunakan smartphone, agar posisi smartphone tetap stabil dan tidak bergoyang. Jika memang diperlukan silahkan gunakan meja dan juga bisa dengan cara mengaktifkan fitur timer pada smartphone agar kondisi smartphone tetap stabil.

2. Gunakan fasilitas flash
Flash memang berfungsi untuk memberikan cahaya saat pengambilan foto dilakukan di tempat dengan intensitas cahaya kurang. Tetapi yang perlu anda perhatikan adalah jangan sampai jarak smartphone dengan objek tidak terlalu jauh dan tidak terlalu dekat, usahakan jaraknya sedang saja, karena kualitas flash akan menjadi sangat baik jika digunakan di jarak yang sedang atau menengah. 

3. Atur ISO dan Gunakan HDR
Untuk mendapatkan hasil terbaik dari sebuah kamera smartphone anda bisa mengatur ISO dengan mode manual, jangan menggunakan ISO yang terlalu tinggi atau terlalu rendah karena penggunaan ISO pada kamera smartphone hampir sama dengan FLASH jika terlalu rendah atau terlalu tinggi akan menyebabkan kualitas foto menjadi buruk. Gunakan ISO dikisaran 800 - 6400 saja atau disesuaikan dengan kondisi cahaya yang ada.

Mode HDR juga bisa membantu kualitas foto menjadi lebih baik, oleh karena itu selalu aktifkan mode HDR ini, karena mode ini dapat mengkombinasikan bermacam-macam kondisi cahaya yang ditangkap oleh kamera smartphone sehingga kualitas foto yang dihasilkan nantinya akan menjadi lebih baik.

4. Lakukan proses editing sebelum publikasi.
Ada baiknya anda menerapkan proses editing terlebih dahulu sebelum mempublikasikan hasil jepretan anda. Memang beberapa smartphone sudah melengkapi fitur kamera mereka dengan adanya efek dan filter, namun tidak terlalu membantu jika kondisi cahaya kurang dari cukup. Oleh karena itu lakukanlah proses editing terlebih dahulu sebelum mempublikasikan hasil jepretan anda. Anda bisa menggunakan aplikasi pada smartphone anda tanpa harus mengolahnya menggunakan komputer untuk menambahkan efek dan filter pada hasil jepretan anda.

Itulah beberapa Tips Mengambil Foto di tempat Gelap Dengan Smartphoneyang bisa anda ikuti, semoga bermanfaat dan jangan lupa kembali lagi dilain kesempatan.


EmoticonEmoticon